Saturday, February 13, 2016

HARI VALENTIN ATAU HARI TRANSAKSI

Oleh; Muhson dan Pangeran Dulkemin

Empat tahun lalu Dulkemin sudah buat artikel tentang apa maksud valentin? dan dari mana kalimat valentin? dan siapa yang mengembangkan menjadi pasar valentine?

Sejararah asal-usulnya
Valentine identik dengan bunga, cokelat, dan makan malam romantis berhias nyala lilin. Tanggal 14 Februari dianggap sebagai hari kasih sayang. Ironisnya, hari ketika kita merayakan cinta, mungkin memiliki asal-usul yang kelam.

Kisah Hari Valentine bisa ditelusuri dari era Romawi Kuno, terkait kepercayaan paganisme.
Tiap tanggal 13-15 Februari, warga Romawi kuno merayakan Lupercalia. Upacara dimulai dengan pengorbanan dua ekor kambing jantan dan seekor anjing.
Kemudian, pria setengah telanjang berlarian di jalanan, mencambuk para gadis muda dengan tali berlumuran darah yang terbuat dari kulit kambing yang baru dikorbankan. Walaupun mungkin terdengar seperti semacam ritual sesat sadomasokis, itu dilakukan orang-orang Romawi lakukan sampai tahun 496 Masehi. Sebagai ritus pemurnian dan kesuburan.
"Upacara diyakini bisa membuat perempuan lebih subur," kata Noel Lenski, sejawaran dari University of Colorado, Boulder, seperti dimuat USA Today, 13 Februari 2014.
Puncak Lupercalia pada 15 Februari, di kaki Bukit Palatine, di samping gua -- yang diyakini menjadi tempat serigala betina menyusui Romulus and Remus -- pendiri kota Roma dalam mitologi Romawi.
Pada tahun 496, Paus Gelasius I melarang Lupercalia dan menyatakan 14 Februari sebagai Hari Santo Valentine .

Valentin Abad 20
Pada dasarnya valentine dulu di gemborkan pd abad menjelang 20, ceritanya orang barat telah jenuh dengan kehidupan nyata, yangg tidak ada kedamaian dan keharmonisan dalam hidupnya, baik dalam kerabatnya maupun keluarganya dan dalam dirinya, maka mereka membuat hari tenang dengan sebutan hari valentin / kasih sayang, karena hari2 biasa di sibukkan dengan kerjaan.

Pada suatu hari suatu pabrik libur, maka salah satu dari karyawan membuat acara hari tenang dengan pacar/ pasangannya masing2 di suatu tempat pegunungan, karena ini sudah menjadi budaya mereka, maka mereka merayakan kasih sayang, begitu lah kiranya. akhirnya hari itu pasarkan di indonesia melalui media. baik kalender maupu TV
Menurut pemahaman dan pengamatan Dulkemin valentin itu adalah trnsaksi hubungan intim / transaksi selingkuh sesama teman kantornya maupun temen kuliyahnya artinya mantanya.
kalau hari valentin di ucapkan sama suaminya, istrinya / anaknya, gak mungkinlah, kan tiap hari kumpul dalam rumah sudah termasuk kasih sayang, dan gak usah pake hari segala.

Dalam islam kan sudah ada sendiri, namanya Bulan romadlon, itulah hari ampunan, yang dulu di sebut Fatkhu MAKKAH 10 romadlon,
Coba bayangkan setiap orang muslim, yg gak sholat maupun gak sholat, puasa/ tidak, pasti akan merasa senang dengan hadirnya bulan romadlon.
Coba lihat anak muda zaman sekarang khususnya di indonesia sekan-akan di giring media untuk berbuat selingkuh, dengan memboceng hari valentin, apalagi dengan di bukanya pabrik kondom, pemudanya malah di suruh, yakan!.       Malah ada suatu komonitas gerakan untuk menghidari penyakit AIDS, dengan di kemas sosialisasi membagikan kondom di kota-kota tertentu. 

************
JOGJAKARTA / Minggu / 15 / Februari  / 2015
(Dulkemin Selebritis anyaran.)
********************************************************

No comments:

Post a Comment